BRD, Mockup dan Database Aplikasi Kasir Untuk Cafe

 1. BRD

Business Requirement Document

 

 

 

                                  Proyek Aplikasi Kafe

 

DIBUAT OLEH:

Vanishi Tiyar Nitza

8801202130

 

 

 

 

 

PRODI BISNIS DIGITAL

 POLITKENIK BHAKTI SEMESTA SALATIGA



PERSETUJUAN

Dibuat Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Vanishi Tiyar

Project Manager

 

19 Okt 2022

 

Direview Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 



1          Deskripsi Proyek

Proyek aplikasi cafe ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengimplementasikan aplikasi kasir sebuah kafe di Salatiga. Bertujuan untuk mengelola penjualan pada sebuah kafe. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan operator melayani pelanggan dalam bertransaksi, serta manager dalam mengelola laporan stok dan penjualan serta memudahkan admin, manager & operator dalam mengkategorikan menu, yaitu minuman dan makanan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi      web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

 

 

 

2          Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:

a.    Tampilan login

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a.    Fitur Menu

b.    Fitur Transaksi penjualan

c.    Fitur Laporan stok & penjualan

 

 

3          Kebutuhan Fungsional

3.1         Spesifikasi kebutuhan

 

Proyek Aplikasi Kasir ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP).

Fitur utama yang dapat dikelola adalah :

a.       Manajemen user login

-       Admin

-       Manager

-       Operator

b.      Manajemen menu

c.       Manajemen laporan stok & penjualan

d.      Manajemen  transaksi penjualan


3.2         Use Case Diagram

 



 

Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Aplikasi Kasir yang  penjelasannya sebagai berikut:

a.       Use case ini terdiri dari 3 actor yang berinteraksi dengan satu sistem yaitu admin, manager dan operator

b.      Sebelum masuk ke tampilan admin, manager, dan operator harus login terlebih dulu

c.       Admin bisa akses semua menu

d.      operator hanya bisa akses transaksi penjualan

e.       manager bisa akses laporan stok & penjualan

 

 


3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)





Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

1.      Proses login admin, manager, dan operator  mempunyai atribut username dan password

2.      Entitas menu mempunyai atribut makanan, minuman, dan harga

3.      Entitas Stock & Penjualan mempunyai atribut jumlah stok, total penjualan serta laporan stok dan laporan penjualan. Entitas Transaksi Penjualan mempunyai atribut nama_menu, harga, jumlah, tanggal penjualan dan total transaksi.

 

 

4          Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.    Bisa digunakan PC

b.    Tampilan user friendly dan responsif

c.    Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d.    Mudah digunakan

 

 

5          Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document            : Rp.    300.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web                                              : Rp.    200.000

·         Pembuatan Modul Login                                                                : Rp.    450.000

      ·         Testing dan Deployment Aplikasi                                          : Rp. 150.000

Total                                                                                           : Rp. 1.100.000

 

 

6          Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·         Orang ke- 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·         Orang ke- 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·         Orang ke- 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·         Orang ke- 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

·         Orang ke- 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server


 

7          Penjadwalan

 

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pekan 5

Pembuatan BRD

 

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 


 

 2. MOCKUP

Terdapat tampilan yang berbeda untuk 3 user, yaitu admin, manajer dan operator.

  • Tampilan Login


  • Tampilan untuk admin

  • Dashboard

  • Menu




  • Transaksi


  • Laporan





  • Tampilan Operator
  • Dashboard

  • Transaksi
  • Tampilan Manajer
  • Dashboard


  • Laporan




Unduh Mockup Kasir full pdf : Mockup Kasir



3. Database 

  • buat database dengan judul kasir_cafe
  • buat tabel user



  • dengan langkah yang sama, buat tabel yang lain seperti makanan, minuman, transaksi, stok dan penjualan seperti gambar dibawah :






  • Isi tabel sesuai dengan nama dan datanya, misal user :


  • dengan langkah yang sama, isi tabel lainnya








 UTS Web Development | Vanishi Tiyar Nitza | 8801202130

Komentar