Pengertian BRD (Business Requirements Document) dan Contoh BRD "Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest"
Pengertian singkat mengenai BRD :
business requirements document atau BRD adalah suatu dokumen yang di dalamnya menjelaskan solusi bisnis pada suatu proyek yang akan dikerjakan, seperti apa yang harus dilakukan oleh perusahaan pada produk baru ataupun produk yang akan diperbarui.
Dokumen tersebut berisi penjelasan keperluan dan juga harapan pengguna, tujuan dari adanya solusi yang diajukan, dan juga berbagai kendala yang berpotensi bisa memengaruhi penerapan solusi tersebut.
Tahapan Aplikasi & BRD
• Analisa kebutuhan pengguna berisi kebutuhan aplikasi yang akan dibuat baik berupa kebutuhan fungsional maupun non fungsional
• Perencanaan berisi penyusunan jadwal kerja, pembagian tugas, perkiraan biaya
• Pembuatan desain berisi rancangan aplikasi yang akan dibuat yang berupa use case, ERD, mockup dan prototype aplikasi
Manfaat
• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
• Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder. • Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan.
Ruang Lingkup BRD
• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis?
• Apa saja batasannya?
• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?
Penanggung Jawab BRD
• Tim inti proyek.
• Setiap atau semua mitra bisnis.
• Pemilik proses atau perwakilannya.
• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia
Elemen BRD
• Deskripsi Proyek
• Lingkup Proyek
• Kebutuhan Fungsional
• Kebutuhan Non Fungsional
• Biaya
• Tim
• Penjadwalan
Contoh BRD "Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest"
Business
Requirement Document
PROYEK APLIKASI PERPUSTAKAAN
POLIBEST
DIBUAT OLEH :
Vanishi Tiyar Nitza
8801202130
PRODI BISNIS DIGITAL
POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA
SALATIGA
PERSETUJUAN
Dibuat Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
Nama Siswa
1 |
Project Manager |
|
1 Sep 2022 |
Direview Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Disetujui Oleh :
Nama |
Title |
Tanda Tangan |
Tanggal |
|
|
|
|
Daftar Isi
1 Deskripsi Proyek
Proyek aplikasi perpustakaan polibest ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengelola peminjaman buku di perpustakaan Politeknik Bhakti Semesta. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola peminjaman dan pengembalian buku serta memudahkan mahasiswa dalam melakukan pencarian buku yang diinginkan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
2 Lingkup Proyek
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:
a. Tampilan login & register
b. Tampilan dashboard dan menu
Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur login & register
b. Fitur pencarian buku
b. Fitur penambahan buku
b. Fitur peminjaman dan pengembalian buku
3
Kebutuhan Fungsional
3.1
Spesifikasi kebutuhan
Proyek aplikasi perpustaakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau petugas perpustakaan dapat mengakses dan mengelola peminjaman buku secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen user login
b. Manajemen data buku
c. Manajemen peminjaman dan pengembalian buku
3.2 Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use
Case Diagram pada Proyek Data Siswa yang penjelasannya sebagai
berikut:
a.
Use case ini terdiri
dari 2 actor yang berinteraksi dengan
satu sistem.
b. User, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem. Ada 2 level user yaitu admin (petugas perpus yang memverifikasi data user & mengelola buku) dan mahasiwa yang hanya dapat melakukan pencarian dan peminjaman buku.
c. Aplikasi perpustakaan untuk melakukan peminjaman buku dimulai dari mahasiswa harus login terlebih dahulu dan jika belum mempunyai akun, mahasiswa harus melakukan registrasi user terlebih dahulu.
d. Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpustakaan.
e. Setelah mendapatkan akun, user (mahasiswa) harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur pencarian, peminjaman, dan pengembalian buku.
f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.
3.3
Entity Relationship Diagram (ERD)
Pada ERD diatas menjelaskan
terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
a. Entitas user (mahasiswa) mempunyai atribut nama, nim, prodi, jenis kelamin, alamat
b. Proses registrasi yang memiliki atribut nama, nim, prodi, jenis kelamin, alamat
c. Setelah registrasi, mahasiswa terdaftar sebagai anggota dan mempunyai atribut nama, no anggota dan masa keberlakuan anggota. serta memiliki username dan password.
d. Proses login yang memiliki atribut username dan password
e.
Proses peminjaman dan pengembalian mempunyai atribut
tanggal pinjam, tanggal kembali dan kode peminjaman. serta denda.
f. Buku mempunyai atribut judul buku, pengarang, penerbit dan tahun terbit.
4
Kebutuhan Non Fungsional
Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a.
Bisa digunakan pada berbagai macam browser
b.
Tampilan
user friendly dan responsif
c.
Keamanan
yang terjamin dengan
enkripsi password
d.
Mudah digunakan
e.
Bisa digunakan kapan
dan dimana saja (terkoneksi internet)
5
Biaya
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
·
Analisa
dan Pembuatan Business
Requirement Document : Rp. 300.000
·
Pembuatan
Desain dan Layout
Web : Rp. 400.000
·
Pembuatan
Modul Login dan Siswa : Rp. 500.000
· Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 300.000
Total : Rp. 1.500.000
6
Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai
berikut:
· mahasiswa 1 sebagai
Project Manager yang bertugas menganalisa dan
membuat Business Requirement Document
· mahasiswa 2 sebagai Web
Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
· mahasiswa 3 sebagai
Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
· mahasiswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi
· mahasiswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas
deployment aplikasi ke server
7
Penjadwalan
Proyek
Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai
berikut
Komponen |
Pekan 1 |
Pekan 2 |
Pekan 3 |
Pekan 4 |
Pembuatan BRD |
|
|
|
|
Desain &
Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing &
Deployment |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar