Pengertian BRD (Business Requirements Document) dan Contoh BRD "Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest"

 Pengertian singkat mengenai BRD :

business requirements document atau BRD adalah suatu dokumen yang di dalamnya menjelaskan solusi bisnis pada suatu proyek yang akan dikerjakan, seperti apa yang harus dilakukan oleh perusahaan pada produk baru ataupun produk yang akan diperbarui.

Dokumen tersebut berisi penjelasan keperluan dan juga harapan pengguna, tujuan dari adanya solusi yang diajukan, dan juga berbagai kendala yang berpotensi bisa memengaruhi penerapan solusi tersebut.

Tahapan Aplikasi & BRD 

• Analisa kebutuhan pengguna berisi kebutuhan aplikasi yang akan dibuat baik berupa kebutuhan fungsional maupun non fungsional 

• Perencanaan berisi penyusunan jadwal kerja, pembagian tugas, perkiraan biaya 

• Pembuatan desain berisi rancangan aplikasi yang akan dibuat yang berupa use case, ERD, mockup dan prototype aplikasi 

Manfaat 

• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek. 

• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek. 

• Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder. • Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan. 

Ruang Lingkup BRD 

• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis? 

• Apa saja batasannya? 

• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?

 Penanggung Jawab BRD 

• Tim inti proyek. 

• Setiap atau semua mitra bisnis. 

• Pemilik proses atau perwakilannya. 

• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia 

Elemen BRD 

• Deskripsi Proyek 

• Lingkup Proyek 

• Kebutuhan Fungsional 

• Kebutuhan Non Fungsional 

• Biaya 

• Tim 

• Penjadwalan


Contoh BRD "Proyek Aplikasi Perpustakaan Polibest"


Business Requirement Document 

 

PROYEK APLIKASI PERPUSTAKAAN POLIBEST

 

DIBUAT OLEH :

Vanishi Tiyar  Nitza

8801202130 

 

PRODI BISNIS DIGITAL

 POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

SALATIGA



PERSETUJUAN

Dibuat Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

Nama Siswa 1

Project Manager

 

1 Sep 2022

 

Direview Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh :

 

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 




1         Deskripsi Proyek

Proyek aplikasi perpustakaan polibest  ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengelola peminjaman buku di perpustakaan Politeknik Bhakti Semesta. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola peminjaman dan pengembalian buku serta memudahkan mahasiswa dalam melakukan pencarian buku yang diinginkan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi  web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.

2         Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:

a.    Tampilan login & register

b.    Tampilan dashboard dan menu

Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:

a.    Fitur login & register

b.    Fitur pencarian buku

b.    Fitur penambahan buku

b.    Fitur peminjaman dan pengembalian buku

 

3         Kebutuhan Fungsional

3.1        Spesifikasi kebutuhan

Proyek aplikasi perpustaakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin   atau petugas perpustakaan dapat mengakses dan mengelola peminjaman buku secara penuh  (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a.       Manajemen user login

b.      Manajemen data buku

c.       Manajemen peminjaman dan pengembalian buku

3.2        Use Case Diagram






Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Data Siswa yang penjelasannya sebagai berikut:

a.       Use case ini terdiri dari 2 actor yang berinteraksi dengan satu sistem.

b.      User, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem. Ada 2 level user yaitu admin (petugas perpus yang memverifikasi data user & mengelola buku) dan mahasiwa yang hanya dapat melakukan pencarian dan peminjaman buku.

c.       Aplikasi perpustakaan untuk melakukan peminjaman buku dimulai dari mahasiswa harus login terlebih dahulu dan jika belum mempunyai akun, mahasiswa harus melakukan registrasi user terlebih dahulu.

d.      Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpustakaan.

e. Setelah mendapatkan akun, user (mahasiswa) harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur pencarian, peminjaman, dan pengembalian buku.

f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda.


 

3.3        Entity Relationship Diagram (ERD)





 

Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.

a.      Entitas user (mahasiswa) mempunyai atribut nama, nim, prodi, jenis kelamin, alamat

b.      Proses registrasi yang memiliki atribut  nama, nim, prodi, jenis kelamin, alamat

c.      Setelah registrasi, mahasiswa terdaftar sebagai anggota dan mempunyai atribut nama, no anggota dan masa keberlakuan anggota. serta memiliki username dan password.

d.     Proses login yang memiliki atribut  username dan password

e.       Proses peminjaman dan pengembalian mempunyai atribut tanggal pinjam, tanggal kembali dan kode peminjaman. serta denda.

f.        Buku mempunyai atribut judul buku, pengarang, penerbit dan tahun terbit.

 

4         Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.    Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b.    Tampilan user friendly dan responsif

c.     Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d.    Mudah digunakan

e.    Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)

 

 

5         Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·         Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document          : Rp.    300.000

·         Pembuatan Desain dan Layout Web                                             : Rp.    400.000

·         Pembuatan Modul Login dan Siswa                                             : Rp.    500.000

      ·       Testing dan Deployment Aplikasi                                             : Rp.   300.000 

Total : Rp. 1.500.000

6         Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·        mahasiswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·        mahasiswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·        mahasiswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·        mahasiswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

·        mahasiswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server


7         Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 

 



Komentar